Juara, terus?


Menjadi juara itu memiliki beban moral seperti figur publik, sedikit kesalahan akan menjadi sorotan. Menjadi pecundangpun juga punya beban moral, apalagi jika jadi pecundang berkepanjangan – seolah tak pernah belajar dari kekalahan. Jadi ibarat menang jadi arang, kalah jadi abu.

Oleh karena itu, setiap mengikuti kompetisi desa wisata kami mengalir saja – yang penting berusaha melakukan yang terbaik. Menang atau kalah itu adalah urusan dewan juri. Beruntungnya, kami menjadi juara setelah perjuangan selama 10 tahun. Artinya beban moral itu justru baru dimulai saat ini.

Kemasan kompetisi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini kompetisi dilakukan dengan menampilkan kuliner dan atraksi wisata. Pada tahun-tahun sebelumnya ditentukan pemenang untuk masing-masing penyajian (kuliner dan atraksi wisata dinilai terpisah), pemenang tahun ini ditentukan berdasar total nilai kuliner dan atraksi wisata. Jadi kami tak tau persis, manakah poin yang mengangkat posisi kami menjadi juara? Ada baiknya juga kami tak perlu tau hal itu agar motivasi tetap terpelihara oleh semua pihak yang terlibat.

Pada festival desa wisata kabupaten Sleman 2016 kami menyajikan kuliner dengan tema ‘Kasih Seorang Ibu’. Adapun bahan dasar yang digunakan adalah daun Kelor. Tema ini kami angkat mengingat banyaknya manfaat pohon kelor untuk kesehatan. Ada pepatah ‘kasih ibu sepanjang jalan’, itulah yang dituangkan dalam bentuk masakan serba kelor – sesuai nama desa kami.

Untuk atraksi wisata kami menampilkan standar layanan tamu. Setingnya adalah tamu menginap di Joglo kemudian kami ajak bermain gobaksodor dan menjelajah sungai. Di sela-sela permainan tersebut kami sisipkan muatan-muatan sejarah perjuangan yang melekat pada bangunan joglo dan sungai. Tamu kami ajak untuk menyerap spirit perjuangan agar kita dapat menerapkannya untuk mengisi kemerdekaan.

~!@#$%^&*()_sigma2phi ~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s