Pitulasan


IMG_8564Jum’at 17 Agustus 2018 kemarin merupakan hari bersejarah bagi NKRI. Pada usianya yang masih belia untuk ukuran sebuah negara, Indonesia masih berproses menuju dewasa. Demikian juga bagi Kampoeng Kelor yang masih unyu-unyu (berusia 12 tahun pada akhir bulan April 2018).

Memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan, untuk pertama kalinya Kampoeng Kelor ikut melaksanakan upacara tujubelasan. Upacara yang digagas Darmojo (dukuh Kelor) mendapat sambutan warga. Beberapa hari menjelang tanggal 17 Agustus dilaksanakan latihan upacara oleh petugas yang ditunjuk. Saat pelaksanaan, hampir seluruh warga Kelor hadir di lapangan untuk mengikuti upacara.

Warga yang datang mengikuti upacara mewakili profesi atau kelompok organisasi yang ada di kampoeng Kelor. Ada pelajar, pemuda, kelompok tani, PKK, kelompok pemakai air (OPA), adik-adik KKN UNY dll. Oleh karenanya, pakaian yang dikenakanpun sangat bervariasi sesuai profesi atau kelompok organisasi masing-masing.

Darmojo mengungkapkan bahwa acara ini dimaksudkan untuk memunculkan aura sedjarah perjuangan yang telah melekat di Kampoeng Kelor. Selain itu juga dimaksudkan untuk menanamkan semangat kebangsaan bagi warga Kelor, khususnya bagi generasi muda dan anak-anak. Dirgahayu Republik Indonesia ke-73.

~!@#$%^&*()_+

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s