Pengendalian Lalat Buah


IMG_8616Senin 13 Agustus 2018 lalu, kelompok tani kami punya gawe bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sleman. Acara yang digagas mbak Hesti tersebut bermula dari pengamatan beliau terhadap populasi lalat buah pada perkebunan salak di dusun kami. Selang beberapa hari berikutnya, tim dari Dinas Pertanian datang ke dusun Kelor untuk mendampingi pengendalian lalat buah.

Sasaran pendampingan ini adalah kelompok tani tingkat padukuhan (Kelor – Ngumbul). Adapun areal perkebunan yang dikendalikan ± 1ha. Tak luas memang, akan tetapi perkebunan tersebut merupakan hamparan perkebunan salak milik warga yang sehari-hari berprofesi sebagai petani.

Pendampingan dilakukan dengan memperkenalkan obat penarik lalat agar tak menjadi hama buah salak. Pada kesempatan tersebut juga diajarkan pembuatan alat pengendali lalat buah sederhana dari botol bekas air dalam kemasan. Tahapan selanjutnya adalah pemasangan alat tersebut pada pohon-pohon salak.

Acara yang diikuti 40an anggota kelompok tani siang itu berjalan lancar selama ± 2jam. Keistimewaan rasa buah salak daerah kami memang sudah dikenal luas. Kini kelompok tani kami boleh berbangga, selain salak kami adalah salak organik tetapi juga bebas dari hama lalat buah.

~!@#$%^&*()_+

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s